Jumat, 25 November 2016

Pentingnya Relasi dalam Dunia Blogging

Seperti kita ketahui bersama bahwa situs Blogger, WordPress, dll merupakan social media yang sifatnya terbuka. Kita bisa sharing informasi dan kabar berita kepada siapa saja tanpa mengenal usia, warna kulit, waktu, tempat dan lain sebagainya. Selain kita bisa berbagi melalui media ini, kita juga bisa berinteraksi satu sama lain antar sesama blogger. Interkasi tersebut bisa diwujudkan dari jalinan pertemanan, dan juga saling berkunjung dan berkomentar di blog masing-masing. Inilah indahnya ngeblog. Dan keindahanya melebihi social media pada umumnya seperti Facebook, Twitter, dll.
Kita ngeblog tidak sendirian. Melainkan banyak para pengguna blogger yang sudah menunggu kedatangan kita. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita menjalin persahabatan dengan mereka? Kita bisa saling follow dan saling berkomentar. Teman dalam dunia blogging merupakan aset yang sangat berharga yang mana eksistensinya perlu kita jaga dan kita bina. Berkat merekalah, blog kita bisa terkenal. Berkat merekalah blog kita bisa naik traffick nya. Berkat merekalah kita punya pengetahuan baru, pengalaman baru, dan tentunya ilmu baru.
Pentingnya Relasi dalam Dunia Blogging
Image by andikamcdevilst.heck.in
Untuk itu, jangan ragu-ragu untuk menjalin pertemanan dengan siapapun. Kita bisa memulai dengan bertamu di blog lain, bila kita belum punya teman. Kita follow blognya dan kita rutin untuk berkunjung ke situs mereka. Ini yang sering kali kita lupakan ketika kita mengejar sesuatu, misal ingin cari penghasilan lewat blog.
Mungkin apabila saya tidak punya teman di dunia blogging, mungkin saat blog saya dihapus oleh Google pada tanggal 17 Desember 2013 waktu itu, mungkin tidak ada seorangpun yang tahu. Dan bisa jadi hanya saya aja yang sedih. Namun, untunglah saya mempunyai sahabat-sahabat blogger yang baik dan perhatian. Berkat merekalah blog saya dan nama saya bisa terkenal di belantika dunia maya. Dan berkat mereka pula saya jadi semangat ngeblog lagi. Dan akhirnya saya bisa bangkit membuat blog lagi cara ririn-com dan dalam sekejap blog baru ini bisa bagus dan mempunyai ranking yang tinggi. Semua itu tak lain karena sahabat. Sahabat blogger tercinta.
Saya tidak pernah menganggap mereka adalah fans / penggemar saya atau blog saya. Melainkan saya menganggap mereka adalah sebagai sahabat. Semuanya sama. Tidak ada yang diprioritaskan. Dan tidak ada yang dikucilkan.
Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah SEO tidak penting? dan apakah mencari penghasilan juga tidak penting melalui blogging? Semuanya penting, tapi tetap nomor satu adalah jalinan persahabatan antar sesama blogger.
Mungkin cerita diatas bisa dijadikan pengalaman sekaligus pelajaran yang berharga buat kita semua, tentang arti penting sebuah relasi di dunia blogging. Apabila ada teman blogger yang follow blog kita, jangan ragu-ragu untuk follow back. Begitu juga dengan berkomentar, memberi saran, memberi masukan, dan lain sebagai nya.

0 komentar:

Posting Komentar