Kamis, 17 November 2016

Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Internal Link

Pageview blog adalah jumlah tayangan halaman yang di buka oleh pengunjung blog. Biasanya jumlah pageview blog lebih besar dari jumlah pengunjung blog. Hal itu dikarenakan 1 pengunjung blog bisa saja membuka 1 sampai 3 halaman atau bahkan lebih saat berkunjung di blog kita. Tentu saja apabila jumlah pageview blog kita tinggi, maka trafik nya pun ikut tinggi.
Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar visitor tidak langsung kabur saat dan atau sebelum berkunjung di blog kita. Antara lain adalah (i) loading blog harus ringan ketika di akses, (ii) blog mudah di navigasi, (iii) performance blog cantik dan menarik, (iv) konten blog berkualitas yang mana bisa menjawab permasalahan pengunjung, (v) internal link, dan masih banyak lagi.
Nah, yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah cara pemasangan internal link untuk meningkatkan pageview blog. Karena berdasarkan pengamatan, hal yang paling berpengaruh dalam meningkatkan jumlah tayangan halaman adalah link internal, selain widget popular post, artikel terbaru, dan juga related post.
Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Internal Link
Image by Cara Ririn Blogspot
Apa itu internal link? Adalah link yang disisipkan di dalam kata / frasa pada sebuah artikel di blog. Link tersebut apabila di klik, maka akan menuju halaman lain di blog kita. Bukan di halaman blog lain lho.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan menjelaskan tentang Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Internal Link. Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Buat Blog Niche
Sebenarnya blog niche ataupun blog general sama saja. Yakni sama-sama berpotensi trafik nya tinggi. Namun, blog niche ternyata lebih unggul satu langkah di bandingkan dengan blog general. Hal itu dikarenakan blog niche cenderung fokus pada satu topik. Sehingga artikel yang diterbitkan menjadi terstruktur dan terorganisir dengan baik. Yang mana antar topik artikel yang satu dengan yang lain saling berkaitan. Untuk itu, blog niche lebih mudah untuk dipasang link internal daripada blog general/gado-gado.
2. Buat Artikel yang Saling Berkaitan
Artikel yang anda tulis dan diterbitkan di blog hendaknya saling berhubungan satu sama lain topiknya. Dengan begitu, maka anda bisa dengan mudah memasang internal link di setiap postingan. Anda bisa memulainya dengan membuat artikel dasar, menengah, dan tingkat lanjut dalam topik tertentu. Sebagai contoh:
Artikel Dasar: Cara Menanam Padi
Artikel Menengah: Cara Merawat Tanaman Padi
Artikel Lanjutan: Cara Mencegah Hama Padi
Artikel Lanjutannya Lagi: Cara Memanen Padi
3. Pasang Internal Link dengan Anchor Text yang Jelas
Idealnya dalam sebuah artikel/postingan ada 3 internal link. Kalau terlalu banyak dikhawatirkan akan di anggap spam oleh search engine (Google, Yahoo, dkk). Atau sebaiknya dalam satu paragraf itu ada 1 internal link. Nah, untuk memasang internal link ini, sebaiknya menggunakan anchor text yang jelas.
4. Hindari Internal Link yang Menipu
Penggunaan link internal dengan anchor text yang keliru kadang bisa menipu pengunjung. Misalnya didalam artikel tersebut adalah kata klik disini yang disisipi link, eh tak tau nya ketika di klik malah menuju halaman Adf.ly. Jelas itu menipu pengunjung. Selain itu, penggunaan link internal yang menautkan halaman itu sendiri bisa juga menipu pengunjung. Kok bisa? Iya bisa aja, soalnya apabila link tersebut di klik tidak menuju halaman lain, melainkan menuju halaman itu sendiri.
Notes:
Sebaiknya dalam membuat artikel, selalu disisipi link internal. Semakin banyak jumlah posting dalam blog anda yang terdapat internal link, maka besar kemungkinan pageview blog anda juga akan tinggi.
Demikian informasi yang bisa saya share tentang Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Internal Link untuk anda sekalian yang ingin dan atau sedang berusaha meningkatkan trafik blog nya.

0 komentar:

Posting Komentar