Minggu, 27 November 2016

Menjawab Komentar atau Membalas Komentar, Penting Mana?

Sebelum kita membahas lebih lanjut artikel yang berjudul Menjawab Komentar atau Membalas Komentar, Penting Mana? kita jelaskan dulu maksud dari kata demi kata. Tujuannya agar tidak terjadi miss persepsi atau salah pemahaman akan substansi dalam artikel ini.
Menjawab komentar yang dimaksud disini adalah sebuah aktivitas dimana kita (admin blog) menjawab komentar-komentar pengunjung di blog milik kita sendiri. Sedangkan Membalas komentar yang dimaksud disini adalah sebuah aktivitas dimana kita berkunjung dan berkomentar balik di blog orang lain, atau istilah keren nya adalah comment back. Terlihat sekali kan perbedaannya?
Pertanyaannya, penting mana antara dua aktivitas tersebut? Membalas komentar ataukah menjawab komentar?. Seperti kita ketahui bersama bahwa blogger/blogspot/wordpress dan sejenisnya merupakan media yang tepat untuk sharing, interaksi, dan berbagi kabar berita kepada siapa saja. Kita bisa diskusi juga di blog/web kita melalui kolom komentar.
Menjawab Komentar atau Membalas Komentar, Penting Mana
Image by Cara-Ririn.Com
Sebagai admin blog, tentu kita pernah melakukan yang namanya blogwalking. Entah di blog teman atau mungkin di blog yang belum kita kenal sekalipun. Tujuan dari blogwalking activity tidak lain adalah untuk menjalin persahabatan dan saling support satu sama lain. Sehingga, dari situ terbentuk sebuah komunitas yang sangat menarik dan sangat berkesan, dan bahkan bikin rindu apabila dilewatkan dalam satu hari.

Memberikan Apresiasi kepada Komentator

Jangan pernah merasa blog kita paling hebat, paling besar, paling rame diantara blog-blog lain. Ingat!! diatas langit masih ada langit lagi. Kita perlu mengingat dan menyadari bahwa blog kita bisa besar dan terkenal, berkat siapa coba? Pasti jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah berkat support dan dukungan dari teman-teman blogger, yang direpresentasikan dari antusiasme mereka dalam berkunjung dan berkomentar di blog kita.
Mereka (sahabat-sahabat blogger) merupakan aset yang eksistensinya perlu dijaga dan dibina. Jika mereka sudah meluangkan waktu untuk singgah, berkunjung dan berkomentar di blog kita, segeralah untuk memberikan apresiasi kepada mereka. Piye carane? Ya, tentu saja dengan cara berkunjung dan berkomentar balik.

Prioritaskan Comment Back / Berkomentar Balik

Sudah bukan rahasia lagi apabila kita meninggalkan jejak di blog lain (berkomentar), pasti kita mengharapkan dikomentari balik. Betul tidak? wkwkwk  Saya sendiri juga begitu kok wkwkwk  Terkadang kita mengalami kebimbangan jika alokasi waktu untuk blogging sangat terbatas. Pilih menjawab komentar ataukah membalas komentar? Tentu saja jawabannya adalah membalas komentar / comment back.
Kok bisa? Hal itu dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada teman-teman blogger yang sudah meluangkan waktunya untuk berkomentar di blog kita. Selain itu, hal ini dilakukan agar mereka tidak kapok apabila berkomentar di blog kita lagi di hari berikutnya.
Kalau anda disuruh memilih, kira-kira pilih mana antara Admin blog yang selalu comment back atau yang egois nggak mau comment back dan hanya mau blognya di komentari saja? Kalau saya sih terus terang, pilih admin yang mau dan selalu comment back  Lagian ngapain juga ngabisin waktu berkomentar di blog lain yang sudah pasti nggak bakalan comment back? wkwkwk
Pertanyaan nya, gimana dengan blog kita sendiri. Pasti bakalan banyak banget jumlah komentarnya? Apabila waktu kita benar-benar terbatas, silahkan jawab komentar-komentar yang penting-penting saja. Sehingga waktu anda tidak habis hanya untuk menjawab setiap komentar di blog anda sendiri.
Demikian opini sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Menjawab Komentar atau Membalas Komentar, Penting Mana?. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Artikel ini dibuat semata-mata untuk bahan refleksi dan evaluasi untuk diri saya sendiri pada khususnya dan untuk kita semua pada umumnya.

1 komentar:

  1. What are the best slot machines? - Lucky Club Live
    In fact, the best slots in the world are pretty much the most popular. In terms luckyclub of the popular slot machines, they are most often referred to as

    BalasHapus