Selasa, 15 November 2016

Cara Menjadi Guest Blogger / Penulis Tamu di Blog Lain

Pernah dengar istilah guest blogger / penulis tamu? Itu lho kita menulis dan mengirim artikel untuk diterbitkan di blog lain. Tapi tidak semua blog menyediakan fasilitas penulis tamu. Hanya ada beberapa saja yang menyediakannya. Apabila anda punya blog yang usia nya masih baru, dan pengen di kenal oleh orang lain, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis tamu di blog lain.
Apa saja manfaat menjadi guest blogger? Antara lain adalah (i) blog dan nama kita bisa di promosikan di blog tersebut. Karena bisa dipastikan pengunjung blog mereka berbeda dengan pengunjung blog kita, sehingga berpotensi terkenal. (ii) blog anda akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas yang berguna untuk SEO. (iii) uji kemampuan skill menulis, karena bisa dipastikan tulisan kita akan dikoreksi oleh admin blog, dan masih banyak lagi manfaatnya.
Di blog-blog Indonesia sendiri, ada banyak sekali blog yang menyediakan fasilitas guest blogger. Yakni blogguebo.com, isnuansa.com, o-om.com, rizkyzone.com, dan masih banyak lagi. Apakah anda tertarik menjadi penulis tamu? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Saya sendiri dulu pernah menjadi penulis tamu di blog rizkyzone.com dan isnuansa.com. Banyak manfaat yang bisa saya peroleh dari aktivitas tersebut.
Cara Menjadi Guest Blogger Penulis Tamu
Image by mykitchencapers.com
Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya menjelaskan tentang Cara Menjadi Guest Blogger / Penulis Tamu di Blog Lain. Berikut adalah poin-poin yang perlu anda perhatikan.
1. Percaya diri
Langkah pertama yang perlu anda persiapkan adalah sikap pedhe atau percaya diri. Anda harus yakin bahwa anda pasti bisa. Jangan pernah takut salah atau minder. Anda harus percaya diri bahwa tulisan anda bagus dan berkualitas. Jangan takut kalau ditolak artikelnya.
2. Hunting blog yang menjadi target guest blogger
Setelah anda yakin ingin menjadi guest blogger, selanjutnya adalah mencari target blog yang ingin menjadi guest blogger. Usahakan blog tersebut sudah terkenal, mempunyai pengunjung loyal, punya pagerank tinggi, dan trafik juga tinggi. Dan jangan lupa, diharapkan di blog tersebut juga harus ada fasilitas guest blogger.
3. Baca dan pahami ketentuan guest blogger
Setiap blog/web yang menyediakan fasilitas guest blogger mempunyai ketentuan yang tidak sama. Nah, anda harus baca dan pahami tuh syarat dan ketentuannya. Baik dari segi tata tulisnya, jumlah kata, topik artikel, cara pengiriman, dan masih banyak lagi.
4. Buat artikel original
Setelah anda paham dengan ketentuan guest blogger di blog target, langkah selanjutnya adalah membuat artikel berkualitas dan original sesuai dengan ketentuan di blog tersebut. Anggap aja anda menulis di blog sendiri, yakni dengan menggunakan gaya bahasa sendiri dan juga cara penyampaian ala anda sendiri.  Lengkapi dengan gambar dan jangan lupa untuk mencantumkan url sumber nya.
5. Kirim artikel
Apabila artikel sudah jadi, baru deh dikirim ke blog target. Bisa melalui email, contact form, atau yang lainnya. Jangan lupa untuk mencantumkan nama penulis dan url web/blog anda. Apabila diterima, berarti kualitas tulisan anda sudah cukup bagus. Dan apabila belum bisa dimuat, mungkin ada revisi/perbaikan. Silahkan diperbaiki dan kirimkan lagi.
Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya  
Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menjadi Guest Blogger / Penulis Tamu di Blog Lain. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di blog.

0 komentar:

Posting Komentar