Rabu, 23 November 2016

Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga masih tetap semangat untuk mengelola blog kesayangan anda. Dalam kesempatan kali ini saya akan share tips tentang Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca. Tips ini untuk anda yang sedang belajar tulis-menulis di blog, supaya tulisan anda bisa enak dibaca, mudah dipahami, dan juga bisa memikat para pembaca artikel anda. Karena apabila posting blog bisa berada di halaman pertama Google, maka besar kemungkinan yang baca artikel anda juga banyak. Tapi hal itu saja saya rasa tidak cukup, karena ada faktor lain, yakni kualitas isi artikel. Artikel yang mudah dipahami dan komunikatif tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi si pembaca, sehingga mereka (pembaca) bisa follow, like atau bahkan subscribe blog anda setelah membaca tulisan anda.
Untuk itu, dalam penulisan artikel di blog, hendaknya selain memperhatikan faktor mesin (search engine), juga memperhatikan faktor manusia. Berikut adalah Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca. Silahkan anda perhatikan secara seksama.
Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca1. Buat Judul yang Keren
Judul artikel hendaknya di buat sebagus mungkin yang mana bisa memikat para pembaca. Karena calon pengunjung cenderung membaca judul nya dulu, baru kemudian membaca isi artikelnya. Judul yang keren antara lain yang bersifat kontroversial, bikin heboh, bikin penasaran, dan hot hehe  Contoh judul artikel yang keren: Situs Facebook Akan Tutup Tahun 2014
2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami
Penggunaan bahasa sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung blog. Hindari penggunaan bahasa gaul, alay, lebay, bahkan bahasa intelek sekalipun. Lebih baik gunakan bahasa Indonesia baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Kita perlu menyadari bahwa pembaca blog bisa siapa saja, dalam artian bisa anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Sehingga asumsinya, tingkat pendidikan mereka tidak sama.
3. Seolah-olah Anda Sedang Berbicara
Ini adalah komponen penting yang perlu adanya latihan intensif dari anda. Kemampuan penyampaian informasi dan perbendaharaan kata, adalah kuncinya. Untuk itu, sebaiknya anda membiasakan menulis sendiri, karena kualitas tulisan anda akan semakin baik dari hari ke hari.
4. Lengkapi dengan Gambar yang Menarik
Artikel tanpa gambar bagaikan sayuran tanpa garam. Anda pasti tau kan rasanya? wkwkwk  Yupz, pastinya sangat membosankan dan bikin pembaca jenuh. Untuk itu, sebaiknya dalam membuat artikel selalu dilengkapi dengan gambar. Nah, agar pembaca bisa lebih semangat, silahkan masukkan gambar cewek cantik. Pasti mereka (pembaca) akan antusias membaca artikel anda hehe
5. Sajikan Informasi yang Bermanfaat
Pengunjung blog yang dalam hal ini pembaca, mereka cenderung membaca artikel yang berupa informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Mereka berharap bisa memperoleh informasi yang dicarinya. Selain itu, mereka juga berharap bisa mendapatkan wawasan baru, pengetahuan baru, dan ilmu baru dari artikel yang mereka baca. Kalau artikel curhat bagaimana? Itulah masalahnya. Coba anda bayangkan seandainya situs Kompas.com itu isi artikelnya tentang curhat semua. Sudah bisa dipastikan para pembaca nya akan malas berkunjung di situs itu.
Bagaimana? Caranya cukup mudah kan? Kini giliran anda yang mencoba nya. Good luck ya
Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca sebagai tips praktis bagi anda yang sedang belajar menulis di blog.

0 komentar:

Posting Komentar