Jumat, 18 November 2016

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO Friendly

Artikel yang berkualitas dan mempunyai standar SEO Friendly akan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke situs kita. Pasalnya, posting artikel tersebut mudah terindeks di search engine, sehingga sering muncul pada halaman hasil pencarian Google, Yahoo, Bing, dkk. Anda pasti tau sendiri kan kalau posting blog bisa duduk manis di halaman pertama search engine? Yupz, dengan begitu maka akan banyak mendatangkan visitor organik dari situ. Dan bukan tidak mungkin apabila semua postingan kita semua berkualitas, maka besar kemungkinan blog kita akan ramai pengunjung ribuan per hari. Wow sesuatu banget hehe
Pembuatan artikel yang standar SEO Friendly ini merupakan salah satu teknik optimasi SEO onpage. Jadi, selain anda menerapkan trik ini, diharapkan anda juga bisa mengaplikasikan teknik SEO offpage, sehingga bisa memperkuat posisi artikel di Search Engine Result Page (SERP) Google, Bing, Yahoo, dll.
Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO Friendly
Dalam kesempatan kali ini saya akan share tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO Friendly. Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Judul Artikel Hendaknya Mengandung Keyword
Judul artikel sebaiknya mengandung kata kunci. Kata kunci ini biasanya digunakan oleh orang (internet user) untuk mencari informasi di internet dengan meminta bantuan search engine (Google, Yahoo, dan Bing). Keyword tersebut selain terletak di judul artikel, juga terletak di dalam artikel yang mana jumlahnya kurang lebih 3 buah. Agar keyword anda bagus, gunakan 3 sampai 5 kata saja dalam keyword tersebut agar kata kunci artikel bisa rapat. Terkecuali jika blog/web anda usia nya masih baru, yakni disarankan agar anda menggunakan keyword yang panjang.
2. Artikel Hendaknya di Optimasi
Ada 3 point utama yang perlu anda lakukan untuk melakukan optimasi pada artikel yang anda buat, yakni penggunaan bahasa, jumlah kata kunci, dan juga jumlah kata / jumlah karakter tulisan dalam artikel.
(i) Penggunaan bahasa artikel hendaknya menggunakan bahasa baku. Hal itu bisa mempermudah search engine dalam melakukan indeks ke artikel anda. Jika anda menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya gunakan bahasa Indonesia baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
(ii) Jumlah keyword dalam artikel sebaiknya terdiri dari 3 buah, yakni di paragraf pertama, paragraf tengah, dan paragraf akhir dalam artikel. Agar keyword tersebut dikenali oleh search engine, silahkan tebalkan huruf nya (bold) dan atau di buat miring (italic).
(iii) Adapun jumlah tulisan atau kata, sebaiknya lebih dari 300 kata. Atau idealnya 400-500 kata. Apabila terlalu sedikit, dikhawatirkan artikel anda tidak SEO Friendly. Begitu juga kalau terlalu banyak.
3. Pasang Alt Tag pada Gambar
Search engine tidak bisa membaca atau mengenali gambar di internet, kecuali gambar tersebut dipasang Alt Tag. Nah, apabila dalam artikel anda disisipi gambar, jangan lupa untuk selalu memasang alt tag pada gambar, agar gambar postingan artikel juga bisa di indeks oleh search engine.
4. Pasang Label / Kategori Artikel Postingan
Kategori artikel ini bermanfaat untuk mengelompokkan artikel yang satu dengan yang lainnya dalam satu topik yang relevan. Selain mudah untuk ditemukan dan dikenali oleh pengunjung, juga bisa bermanfaat untuk mempermudah search engine dalam menelusuri artikel anda.
5. Custom url / Permalink pada Postingan
Permalink atau url postingan ini hendaknya di buat sesuai dengan keyword yang anda bidik. Jadi diharapkan tidak terlalu panjang. Jangan mengguakan url dengan angka, misalnya www.bejo.com/848479.html, tapi silahkan gunakan url www.bejo.com/cara-membuat-tempe.html
6. Pasang Meta Deskripsi / Tag
Deskripsi penulusuran (di blogspot) dan tag (di wordpress) berguna untuk mempermudah search engine dalam melakukan perayapan ke artikel postingan anda. Sebaiknya anda selalu memasang nya, karena hal itu berguna untuk SEO.
Demikian tips sederhana dari saya tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO Friendly. Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar