Selasa, 29 November 2016

Apa yang Dicari Pengunjung Blog?

Apa yang Dicari Pengunjung Blog? Ini merupakan pertanyaan mendasar yang perlu dijawab oleh seorang blogger (sebutan admin blog). Seorang Blogger yang notabene merupakan pembuat konten di blog nya perlu memikirkan pengunjungnya. Ini berlaku jika blog nya ingin bermafaat untuk orang lain, alias bukan blog jurnal/diary/curhat lho ya.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengunjung/visitor bisa berasal darimana saja. Mereka bisa datang dan berkunjung di blog kita secara langsung (direct), search engine, social media, ataupun link referral.Apa yang Dicari Pengunjung Blog
Image by razya4greatlife.blogspot.com
Sebenarnya mereka (pengunjung) ketika singgah di blog/web kita, mereka cari apa sih? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah konten blog. Nah, konten blog itu bisa berupa artikel, software, game, gambar, dan masih banyak lagi. Baru kemudian apabila mereka merasa tertarik dengan blog kita, maka mereka akan ubek-ubek blog kita. Namun, kita sebagai admin blog juga perlu memperhatikan performance blog. Hal itu dikarenakan kesan pertama seseorang ketika berjumpa dengan seseorang adalah penampilan. Itu juga berlaku di dunia blogging. Artinya, desain blog juga perlu ditata secara rapi dan baik. Dan satu hal lagi yakni loading blog juga sebaiknya dbuat lebih cepat dan ringan, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses blog/web kita.
Pertanyaannya, apakah widget/plugin tidak perlu dipasang di blog? Widget/plugin tetap penting dan perlu dipasang di blog. Asalkan tidak memperberat loading blog. Untuk itu, sebaiknya kita memasang widget yang penting-penting saja. Antara lain adalah (i) widget kotak pencarian, (ii) menu navigasi, (iii) artikel terbaru, (iv) artikel populer, (v) artikel terkait, (vi) tombol share social media, (vii) widget follower dan fans page, dll.
Kalau iklan/ads bagaimana? Iya itu terserah individu masing-masing. Karena kita menyadari bahwa setiap orang (admin blog) mempunyai tujuan yang tidak sama dalam blogging. Ada yang cari penghasilan, ada yang hanya senang-senang, ada yang cari teman, dll. Nah, bagi anda yang ingin cari penghasilan dengan memasang iklan di blog anda, sebaiknya letak dan posisi iklan dibuat sebagus mungkin. Artinya iklan tersebut tidak mengganggu kenyamanan pengunjung blog anda.
Nah, untuk itu sebagai seorang blogger diharapkan bisa membuat konten yang bagus, bisa bermanfaat untuk orang lain, dan juga mempunyai nilai lebih bagi pengunjung nya. Sehingga, konten anda tersebut nantinya bisa memikat hati pengunjung untuk like and follow blog anda. Bahkan mereka juga tidak ragu-ragu untuk meng-klik iklan di blog anda (jika anda pasang iklan PPC) sebagai tanda ucapan terimakasih.
Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Apa yang Dicari Pengunjung Blog?. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar